Selasa, 29 Juli 2008
Belajar dari Kehidupan
Terkadang kita tak sadar bahwa aktivitas kita ini sebenarnya ada dalam tarbiyah Allah, jika kita dalam jalur kebaikan

Kira-kira dua tahun yang lalu ketika saya memulai menginjakkan kaki di kampus sebagai seorang mahasiswa baru, banyak sekali hal baru yang saya alami. Mulai dari perubahan dari seorang siswa SMA menjadi siswa perguruan tinggi, cara pandang terhadap segala sesuatu, teman-teman dari daerah yang berbeda-beda beserta watak dan sifat mereka yang beragam, dan segudang warna yang berlomba-lomba mewarnai hidup saya.
Banyak hal yang ingin saya gali, baik masalah akademis maupun non akademis. Terlebih ketika oprek2 kegiatan kampus yang nonkurikuler, ketika open house unit mulai membanjiri para mahasiswa baru, berjuta kisah akademis mahasiswa2 senior...

Hal yang saya pikirkan saat ini, idealnya banyak amanah = banyak amalan (mungkin lebih..)
Saya teringat akan teman saya yang mengatakan, "saya harus benar-benar mempertimbangkan amanah yang akan saya pegang, karena setiap amanah itu akan dimintai pertanggungjawaban". Pernyataan beliau sebenarnya adalah kalimat yang sering saya baca, dan saya dengar, atau dengan kata lain sudah sangat familiar (karena memang ada di dalam Al-Quran), tapi rasanya itu pernyataan yang sangat realistis, sangat nyata di hadapan saya.

Pertanyaannya saya selalu merasa siap, dan selalu bersemangat ketika amanah itu disuguhkan,,,hmm,,tetapi hal itu sering membuat saya selalu menyalahkan diri sendiri terhadap ketergesa-gesaan dalam 'mengiyakan'nya, ya perlu proses, tapi bukankah setiap muslim yang baik tidak terperosok ke lubang yang sama, betul..betul.betul...

Ok!!setiap orang akan berubah, entah dipaksa untuk berubah oleh keadaan atau sadar melakukan perubahan,,saya sering merasa amanah yang saya jalani tidak sesuai dengan amalan yang saya lakukan,,

Bagaikan sebuah teko yang akan mengisi gelas-gelas kosong, ketika teko itu kosong, maka si gelas pun tak mendapatkan apa-apa, namun ketika teko penuh, si gelas pun akan tersenyum^^
ya..ya..ingin dunia perlu ilmu,,ingin akhirat perlu ilmu,,ingin dua-duanya perlu ilmu..
 
posted by Laras at 21.38 | Permalink |


0 Comments:


Posting Komentar

~ back home