Sabtu, 17 April 2010
Cah Ayam n' jus jeruk
Ini dia menu makanan sehat,,Cah Ayam,,komposisinya terdiri dari sayur-sayuran (wortel, brokoli, bawang daun, apalagi ya..), daging ayam, enaknya,,mm,,yummy.. Makanan yang penuh dengan kandungan protein, serat, dan juga cukup karbohidrat. Penting sekali sebagai asupan nutrisi bagi siapaun terlebih bagi manusia dewasa. Tapi..tapi..tapi..sayangnya MSG cukup bermain di cita rasa masakan ini, walau belum banyak bukti dari penelitian tentang efek samping dari monosodium glutamat ini, setidaknya kita tidak perlu berlebihan dalam menggunakannya.

eummm..menurut dosenku sebenarnya jika sayuran itu fresh dia sudah cukup membentuk cita rasa yang pas dan enak, hanya saja kebanyakan sudah melewati proses-proses pemasakan tertentu, seperti pencucian berkali-kali, pemanasan yang lama. Tambahan lagi ketika menggunakan MSG, tidak diperkenankan untuk menggunakannya saat pembakaran, penggorengan, karena efeknya akan lebih berbahayatanpa adanya air, sehingga dapat dikatakan cukup safety ketika perebusan (dalam pembuatan sayur). Berdasarkan tulisan Dr. Johanes C. Chandrawinata, MND seorang dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Melinda, Bandung
Laporan final FASEB diterbitkan dalam buku setebal 350 halaman untuk FDA pada tanggal 31 Juli 1995. Berdasarkan laporan ini, FDA berpendapat bahwa tidak ada bukti ilmiah apa pun yang membuktikan bahwa MSG atau glutamat menyebabkan lesi otak dan penyakit kronis.
Kesimpulannya, MSG atau vetsin aman untuk digunakan atau dikonsumsi dalam makanan sehari-hari. Berbagai "mitos" tentang efek samping MSG tidak memiliki bukti ilmiah yang kuat, sehingga seluruh badan pengawasan makanan dunia masih menggolongkan MSG sebagai bahan yang "Generally Regarded as Safe" (GRAS) dan tidak menentukan berapa batas asupan hariannya.

Jadi, saat ini sebenarnya belum dipastikan dan masih sah-sah saja untuk menggunakan MSG dalam setiap masakan yang menggunakan air. Asal tidak berlebihan saja!

Cah ayam ditambah jus jeruk pure (tanpa penambahan pemanis), cukup merefreshkan otak setelah keluar dari kelas, menyegarkan lho!!! ini ada di KBL (Kantin Barat Laut). Jus jeruk memiliki kandungan vitamin c yang tinggi, selain bersifat antioksidan yang mampu melawan radikal bebas, vitamin C juga berperan dalam meningkatkan sistem imun. Jadi ga gampang sakit,,terlebih di saat suhu udara yang tidak menentu seperti sekarang ini (pancaroba-red).



Okeiii saatnya mengonsumsi protein, serat dan vitamin alami dalam jumlah yang tinggi, jaga kesehatan Anda =)

Label:

 
posted by Laras at 18.17 | Permalink |


0 Comments:


Posting Komentar

~ back home