Minggu, 17 Mei 2009
Asyiknya Bertamasya ke Rumah Keju


15 Mei 2009 menyimpan cerita tersendiri bagi kami mahasiswa mikrobiologi 2006, satu hari ini kami jadikan momen yang mungkin tak terlupakan, yaitu kuliah kunjungan ke tempat pembuatan keju ‘Gouda Cheese’ yang berlokasi di Sukabumi tepatnya di Bukit Baros Cempaka. Perjalanan kurang lebih 3 jam, keberangkatan pukul 06.30 dan sampai tepat pukul 09.30. Sambutan yang pertama adalah lokasinya yang sangat asri, namun agak sedikit curam ketika melewati track tertentu, terlebih kendaraan yang kami gunakan adalah bis yang menampung kurang lebih 50 penumpang (agak besar lah ya..)
Sesampai di Bukit Baros Cempaka ini, kami disambut dengan segelas es kelapa yang sangat muda sekali,,,hmmm), lalu kami disambut pihak tour guide, kemudian kami dibagi menjadi dua kelompok untuk mengitari lahan sebesar 26 hektar ini.

Kelompok saya mendapat track dengan awal persinggahan di peternakan sapi, sapi perah yang akan diambil susunya ini yang nantinya menjadi bahan baku bagi pembuatan keju. Biasanya ‘Gouda Cheese’ ini menggunakan sapi jenis Frisian xxx. Selain dari peternakan sendiri ternyata bahan bakunya pun didapat dari para peternak yang sudah dipercaya kualitasnya, walaupun memang sudah ada standarisasi sendiri oleh QC (Quality Control, yah inilah pekerjaan microbiologist^^).


Setelah dari peternakan sapi, perjalanan selanjutnya adalah ke kebun teh, inilah saat yang saya tunggu-tunggu (bahkan ketika masih di Bandung sudah merasakan indahnya berada di kebun teh nanti,,). Namun, ternyata dugaan saya salah, hmmm tempatnya tidak seluas yang ada dalam bayangan saya, perkebunan teh yang cukup sederhana, dikarenakan ketinggian Bukit Baros Cempaka yang kurang tepat untuk pertumbuhan teh sehingga teh yang dihasilkan pun tidak sebaik teh yang ada di daerah puncak alias dataran tinggi. Kami disambut dengan segelas teh hangat, wah rasanya ma nyus..tapi entah mengapa setelah meminum habis saya agak pusing, entah efek apa,,(sepertinya faktor internal, he..bukan faktor tehnya, padahal tadi malam saya tidur cukup, apa pengaruh kafein dalam teh ya,,) sambil menikmati teh hangat kami diajari cara pembuatan teh. Huu asik dapat ilmu,,dapat minum gratis lagi ^^


Track kami lanjutkan ke lokasi sungai-sungai, biasanya disini dijadikan tempat outbond (ada flying fox lho..) sungainya indah seperti biasa anak-anak mulai menjalankan aktivitas wajibnya yaitu narsis bersama (foto-foto.red.), track didekat sungai itu adalah perkebunan coklat, kumplit sekali disini cocok untuk jalan-jalan bersama keluarga, sahabat, rekan bisnis anda mungkin.
Akhirnya sampailah pada pabrik kejunya,,yah inilah tujuan utama kita kesini. Pada praktikum Prinsip Teknik Fermentasi dan Mikrobiologi Analitik pun kami memang sedang melakukan proses pembuatan keju secara fermentasi oleh ketiga macam LAB (lactic acid bacteria) yaitu Streptococcus thermophilus, Lactococcus lactis, dan Leuconostoc mesenteroides. Benar-benar aplikasi dalam dunia industri, mulai dari proses awal dari standarisasi susu kemudian bioreaktor yang telah diisi dengan susu bersama kultur starter LAB (Lactobacilus sp.), lalu penambahan enzim rennet, proses pembentukan dadih, pemisahan, pemotongan, penggaraman, hingga pemeraman. Gouda Cheese ini berasal dari negeri Belanda dari suatu desa yang bernama Gouda, maka dari nama desa ini cheese yang diproduksi dinamakan Gouda. Kami pun bisa menyaksikan proses pembuatan keju dari lantai dua (pabriknya berada pada lantai satu, daerah steril..). Kami melihat dari balik kaca (seru ya pabrik seperti ini, menginspirasi sekali,,,) karena dilarang mengambil gambar maka tidak bisa diperlihatkan gambarnya. Kemudian kami dijelaskan oleh sang ‘guide’ mengenai proses pembuatan ‘Gouda Cheese’ ini sambil disuguhi yogurt rasa strawberry (emmm enak..yummy:). Setelah puas melihat processing cheese production itu, kami diberi sample keju dalam kemasan kecil (waduh dari tadi makan terus). Rasanya khas sekali ada sense pait, ini mungkin cita rasa ‘Gouda Cheese’ karena berasal dari pure milk. (hmm...nampak promosi, hehe..n0 space for advertisement please..!!, untuk ini boleh kan hehe, ).
Track lainnya adalah melewati hutan belantara (tapi tidak luas sebenarnya bukan belantara, hanya pohonya besar-besar seperti di hutan belantara,,seru kan!!!) hingga akhirnya singgah di track pizza, waw kita disuguhi pisang goreng keju dan pizza, lagi-lagi diajari cara membuat pizza, kuliah yang menyenangkan sekali..


pizza nya berbentuk hati, inilah ciri khasnya,,keju yang digunakan adalah campuran dari young cheese dan middle cheese, makanya kalau kita makan pizza, kejunya ada yang seperti karet, lengket-lengket yummy (pokoknya semester ini gaulnya sama cheese,,hehe i don’t like cheese deh..).
Akhirnya sampai juga pada track akhir yaitu ruang utama, lagi-lagi kami disuguhi makanan (subur sekali hari itu...) kali ini makanan berat sambil mendengarkan presentasi dari pihak penyelenggara, kami diterangkan proses konkret pembuatan keju skala industri.


Dan acara terakhir adalah ‘GaMeS’ yeah..sudah lama sekali tidak bermain games, walaupun sederhana tetapi seru sekali...mencakup sisi positif ada adu ingatan, kecepatan berpikir, kesadarannya juga ada, terlebih ketika dalam suatu kelompok yaitu pengorbanan,,so sweat..
perjalanan yang menyenangkan..harus berakhir dengan menyenangkan pula...sebelum UAS tiba ^^
 
posted by Laras at 20.49 | Permalink |


0 Comments:


Posting Komentar

~ back home